icinBismillah

Segala pujian hanya mililk Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Keselamatan dan kesejahteraan semoga tercurah atas rasul-Nya Muhammad—shalallaahu Alaihi wasallam. Demikian pula kesejahteraan serta keselamatan atas para sahabat dan orang-orang yang meniti jalan keselamatan.

Bagi kebanyakan alumni sebuah perguruan tinggi, bekerja usai kuliah adalah sebuah harapan. Empat tahun atau lebih berkutat dengan pelajaran dan tugas-tugas, maka saatnya untuk bekerja lalu menerima gaji. Demikian halnya yang dirasakan oleh Rahizin Muhammad saat baru saja menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar. Terlebih lagi, pemuda asal Poso ini telah menyandang status sebagai suami juga ayah dari seorang bayi.

Dakwah  adalah sebuah pekerjaan yang sangat mulia. Karenanya, ketika ia mendengarkan keputusan penempatan para dai alumni STIBA Angkatan 1429/2008, dengan mengucap basmalah ia bulatkan tekadnya untuk  melangkah.

Rohizin ditempatkan di satu daerah yang belum ia kenal sama sekali. Karo, sebuah nama yang pertama kali terdengar di telinganya. Dalam hati ia berbisik, semestinya seorang dai sebelum mendatangi lahan dakwahnya, ia mengenali medannya terlebih dahulu, demikian pula mengenali mad’u-nya. Namun ia bertawakkal kepada Allah Ta’ala dan pantang surut ke belakang.

Dua bulan setelah pembacaan SK penugasan, Rohizin memboyong anak dan istrinya ke Kota Banda Aceh. Tiba di Banda Aceh, ia disambut oleh Ustaz Aswanto Muhammad Takwi, Lc. beserta rombongan.  Kegembiraan terpancar dari wajahnya. Akhirnya ia berjumpa dengan orang-orang yang sebelumya pernah satu kampus bahkan satu asrama dengannya ketika masih kuliah di STIBA. Di antaranya Busyra Salhas, Khairul Fuadi, Muhammad Amri dan masih banyak lagi.

Tentang Dairi

Dairi adalah salah satu kabupaten di Propinsi Sumatera Utara yang beribu kota Sidikalang. Dairi adalah daerah pegunungan yang subur. Kesuburannya terlihat dari tumbuh suburnya berbagai tanaman buah juga sayuran. Tanaman tomat, cabai, wortel dan berbagai tanaman holtikultura lainnya menjadi pemandangan di sepanjang jalan menuju Dairi. Demikian pula buah stoberi hingga buah durian.

Kesuburan dan keindahan tanaman di Dairi ternyata tidak dibarengi dengan subur dan indahnya ajaran Islam, kaum muslimin masih banyak hidup dengan kesyirikan, bidah dan khurafat. Hal ini tercermin dalam kehidupan mereka setiap hari. Mereka masih lebih mengagungkan acara-acara  adat ketimbang mengamalkan ajaran Islam.

Dairi adalah daerah yang mayoritas penduduknya beragama Nasrani. Hal itu terlihat dari banyaknya bangunan gereja yang berdiri kokoh sepanjang jalan.  Senyum tersungging di bibirnya tatkala menemukan ternyata di sana masih ada dari kaum muslimin yang ingin mempelajari din ini dengan lebih baik.

Ujian Berat di Kota Banda Aceh

Satu ujian yang cukup  berat yang sebelumnya tidak pernah menimpa Rohizin sekeluarga, ketika satu pekan semenjak mereka sampai di Kota Banda Aceh, istrinya terjangkit demam berdarah yang sangat parah sehingga mengharuskan ia dirawat di rumah sakit selama 5-6 hari. Ujian ini mereka rasakan sangat berat karena pada saat itu mereka masih beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jauh dari sanak famili. Sang bayi yang sangat membutuhkan ASI. Juga keuangan yang memprihatinkan. Alhamdulillah, indahnya ukhuwah kembali mereka rasakan ketika para ikhwan dan akhwat mengunjungi mereka, segala urusan mejadi mudah bahkan sampai biaya rumah sakit pun teratasi.

Kurang lebih satu bulan mereka berada di Kota Banda Aceh. Rasa penasaran dengan Karo yang letaknya jauh dari Banda Aceh, sekitar 18 jam perjalanan bus mengusik perasaannya. Ia sangat penasaran dengan desas-desus tentang  Karo sebagai daerah yang penduduknya mayoritas Nasrani, pendudukya berwatak keras, kesyirikan merajalela, pemuja arwah leluhur, umat Islam jahil terhadap agamanya, dan lain-lain.

Hari Pertama di Karo

Desas-desus tentang Karo ternyata benar adanya. Hanya saja tempat yang ia tuju ternyata bukan Kabupaten Karo tapi Kabupaten Dairi yang letaknya sekira empat jam perjalanan bus dari Karo.

Karo dan Dairi tidak jauh beda. Di sepanjang perjalanan Rohizin dapat melihat begitu jauhnya mereka dari agama dan mendarah dagingnya budaya. Hal itu terlihat dari banyaknya kuburan nenek moyang mereka yang diagungkan dan juga upacara adat yang dilakukan.

Hari pertama di Dairi bukanlah hari yang menyenangkan bagi Rohizin dan keluarga. Dairi terlalu aneh dan asing bagi mereka. Suasana dan aura mistik menyelimuti hampir seluruh kawasannya. Banyak hal yang berbeda dari tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi.

Tiba di rumah salah satu warga desa yang mereka tuju, anaknya yang saat itu masih berumur satu tahun tiba-tiba menangis histeris. Ketakutan. Terlihat dari sorot matanya dia memandang sesuatu yang aneh. Tangisannya berbeda. Belum pernah mereka dengarkan sebelumnya. Setelah dibacakaan ayat-ayat Al-Qur’an oleh orang tuanya, alhamdulillah tangisannya pun terhenti.

Fenomena Aneh tapi Nyata

Lolongan anjing mengiringi kumandang azan adalah satu pemandangan yang membuat miris hati Rohizin. Selalu terulang setiap kali masuk waktu-waktu salat, ketika Rohizin mengumandangkan azan di masjid  terutama waktu Subuh dan Zuhur. Adapun waktu salat yang lain, azan sering dikumandangkan oleh anak-anak TPA. Anehnya, tak ada lolongan anjing. Yang sangat mengherankan Rohizin saat itu adalah azan yang dikumandangkannya selalu diiringi oleh lolongan anjing sampai azan berakhir. Lolongan itu akan terulang ketika ikamah dikumandangkan. Kejadian ini berlangsung lama bahkan sampai berbulan-bulan.

Bertemu dengan Seorang Tokoh

Bapak Sudarianto Lumban Gaol namanya, dia adalah seorang tokoh masyarakat yang sangat berarti dalam dakwah Ustaz Rohizin. Allah mempertemukannya melalui salah seorang yang juga sangat berarti pada awal mula mereka sampai di Dairi.

Suatu ketika dia sempat mengunjungi Rohizin di kediamannya. Tampak raut kecemasan dan kegelisahan tercermin dari wajahnya. Rupanya beliau cemas akan keselamatan Rohizin sekeluarga karena menurut yang ia saksikan selama ini, para pendatang yang masuk di daerah ini tidak bertahan lebih dari tiga bulan. Hal itu dikarenakan kondisi masyarakat dan daerah yang sangat berbeda dengan daerah lainnya. Juga masih banyaknya pemuja setan yang pada gilirannya para pendatanglah yang menjadi korban. Dan masih banyak lagi alasan yang ia kemukakan.

Rupanya hal itu sempat menciutkan nyali Rohizin. Terlebih lagi indikasi tersebut sudah terbaca olehnya sejak awal pertama kali memasuki daerah tersebut. Banyak nasihat yang disampaikan oleh Pak Sudarianto kepada mereka sekeluarga terutama anjuran untuk memperbanyak berzikir sebagai benteng keselamatan mereka sekeluarga.

Keberhasilan-Keberhasilan Dakwah di Dairi

Ustaz Rohizin merasakan sangat banyak nilai positif perkenalannya dengan Pak Sudarianto–semoga Allah selalu melindunginya. Perkenalan dengannya membuka jalan dakwah bagi Rohizin. Banyak kegiatan dakwah yang terbentuk berkat kerja sama dengannya, di antaranya tablig akbar sekecamatan yang dilaksanakan tiap awal bulan, terbukanya TPA di tiga tempat, kajian akidah setiap malam Jumat (pengganti yasinan) bersama para tokoh imam masjid, kajian hari Jumat bersama ibu muslimah. Bahkan pengajaran Al-Qur’an dan juga bahasa Arab bersama anak-anak remaja, khotbah Jumat, dan lain-lain. Kegiatan tablig akbar yang diselenggarakan tiap bulan ini diisi oleh para dosen Ma’had Assunah Medan, di antaranya adalah Ustaz Gerhana Latang dan Ustaz Hasanuddin yang merupakan teman sekelasnya dulu ketika kuliah di STIBA Makassar.

Dakwah Bersama Akh Abdul Saddan Lingga

Abdul panggilan akh ini. Salah seorang pemuda yang sangat gigih membantu jalannya dakwah Rohizin. Abdul adalah alumni salah satu pesantren di Sukabumi. Seorang pemuda yang gagah berani, tampan, pandai retorika, dan lumayan cerdas. Lingkungan juga pergaulan yang memengaruhinya menjadikan dia futur dan akhirnya mengasingkan diri dan memilih hidup sendiri di kebun. Namun dari raut wajahnya terlihat ada harapan untuk menjadi lebih baik.

Alhamdulillah beliau sekarang menjadi orang yang lebih saleh—insya Allah—dan tinggal bersama orang-orang yang saleh pula. Abdul banyak mendampingi Rohizin dalam kegiatan dakwahnya, terutama kegiatan malam hari. Dinginnya udara Dairi juga hujan yang terkadang dibarengi es sebesar biji jagung sering mereka tembus bersama. Mengandalkan kendaraan Mega Pro, mereka mendaki pegunungan kopi, durian, juga sayur-sayuran.

Terjebak Pohon Tumbang

Suatu malam yang disertai gerimis, tepatnya saat ada jadwal mengajar Al-Qur’an dan bahasa Arab bagi para remaja, ustaz kita ini sendirian mengendarai motornya menuju masjid Tiga Baru yang letaknya kurang lebih lima kilometer dari kediamannya.

Sesampai di masjid, ternyata para remaja tersebut tidak hadir dikarenakan hujan yang semakin deras. Ia pun berkesimpulan untuk kembali ke rumah. Dalam perjalanan pulang sekira dua kilometer dari rumah kediamannya, sebatang pohon tumbang tepat di tengah jalan.

Susah payah Rohizin berusaha menyingkirkannya. Sayangnya, berhubung pokok kayu yang sangat besar, ditambah lagi tidak adanya peralatan, dan posisi pohon tersebut tumbang tepat di atas jalan yang mendaki dan menikung, serta di bawahnya ada jembatan dan sungai, maka dengan rasa takut dan cemas juga kesulitan saat memutar arah sepeda motornya, ia menempuh jalan lain yang jaraknya tiga kali lipat lebih jauh. Syukurnya, persediaan bensin cukup memadai, kalau kehabisan kira-kira beli di mana? Gumamnya dalam hati.

Kesalahpahaman yang Mengancam Jiwa

Kejadian bermula dari keluhan seorang wanita tua. Selepas salat Magrib, seorang muslimah tua menemui Ustaz Rohizin di luar masjid. Wanita tua itu menyampaikan tentang keprihatinannya atas sikap tetangganya yang beragama Nasrani yang pada saat itu akan melaksanakan upacara pernikahan anak gadisnya. Ia menyampaikan bahwa para tetangga yang ikut membantu penyelenggaraan  acara tersebut kurang  menghargai masjid yang dibangun oleh kaum muslimin.

Rumah pemilik hajat  sangat berdekatan dengan masjid yang dimaksud. Menurut pengakuan muslimah tersebut, para tetangga ini menyembelih babi di halaman rumahnya yang sangat berdekatan dengan halaman masjid.  Jarak masjid dengan rumah pemilik hajat kira-kira 20 meter. Sementara rumah Rohizin sendiri berjarak sekitar 50 meter dari masjid.

Muslimah ini merasa keberatan atas perilaku tetangganya ini, tapi ia tidak berani protes juga menasihati mereka. Maka ia mengadukan hal ini kepada Ustaz Rohizin dengan harapan beliau sanggup menyelesaikan hal ini.

Tak diduga, seorang ustaz dari Medan berkunjung saat itu. Ustaz Jaka nama kecilnya. Dengan Ustaz tersebutlah Rohizin bertukar pendapat sehingga menghasilkan suatu kesimpulan untuk menyampaikan hal itu kepada seorang yang mereka anggap tokoh dan juga bertanggung jawab atas keberadaan mereka di tempat tersebut.

Keesokan harinya, tepatnya setelah salat Subuh, mereka menuju ke kediaman tokoh tersebut yang jarak rumahnya sekitar tiga kilometer dari kediaman Rohizin.  Kepada sang tokoh, mereka sampaikan kejadian tersebut, juga permohonan agar para tetangga yang beragama Nasrani ketika menyembelih babi tidak di kompleks yang berdekatan dengan masjid, supaya ada sikap saling menghargai antar umat beragama. Mereka tidak keberatan ketika warga Nasrani tersebut menyembelih babi asalkan jauh dari kompleks masjid.

Sejurus kemudian sang tokoh mengambil telepon genggamnya dan menghubungi pemilik hajat. Dengan saksama mereka berdua mendengarkan pembicaraan melalui telepon itu, namun kedua ustaz ini kurang memahami karena terkadang dalam pembicaraan mereka menggunakan bahasa daerah.

Rohizin bersama Ustaz Jaka sangat lega ketika dikatakan urusan telah selesai. Namun mereka terkejut  ketika menuju ke tempat kediaman Rohizin yang juga berdekatan dengan rumah pemilik hajat, terlihat dari wajah-wajah tetangga dan juga sorot mata  mereka yang menyiratkan kebencian dan permusuhan. Tidak tampak ada senyuman sedikit pun dari mereka. Sikap yang sangat berbeda dari sebelumnya. Perlu pembaca ketahui, umat Nasrani di tempat pemukiman ini sangat ramah dan murah senyum sebelum kejadian tersebut.

Pemandangan ini rupanya cukup mengusik ketenangan Rohizin, terlebih lagi saat itu Ustaz Jaka telah pulang ke Medan. Hari- hari berlalu dipenuhi kegelisahan dan kecemasan. Hari-hari berlalu dan tersingkaplah sebuah alasan mengapa mereka menampakkan kebencian dan permusuhan kepada Rohizin. Desas-desus yang berhembus, rupanya mereka membenci Rohizin karena mereka mengaggap bahwa Ustaz Abu Hilyah telah melarang kaum Nasrani menyembelih babi pada hajatan pernikahan tersebut, sehingga mereka hanya mengonsumsi daging ayam saja. Rupanya ketegangan ini berawal dari kesalahpahaman saja. Dan alhamdulillah hal tersebut dapat diluruskan oleh Ustaz Rohizin Muhammad.

Sebongkah Batu Bangunan Meretakkan Ukhuwah

Kejadian bermula pada saat Rohizin  menuju Banda Aceh. Tepat di depan rumah kediaman mereka terdapat beberapa  batu besar sisa bangunan rumah yang didiaminya. Beberapa hari sebelum kejadian, datang seseorang yang meminta batu itu untuk keperluan tertentu, tanpa banyak berpikir Rohizin mengiyakan dengan alasan tidak mereka manfaatkan dan juga pembangunan rumah telah selesai. Lagi pula, menurut anggapan Rohizin, keberadaan batu tersebut mengganggu pemandangan mereka.

Di luar dugaan, ternyata ada seseorang  yang menggugat batu tersebut dengan dalih batu itu miliknya. Awalnya Rohizin berlepas diri dan menyerahkan penyelesaiannya kepada yang bersangkutan. Ia mengaggap itu  hanya perkara sepele karena jumlah batu tersebut tidak lebih dari lima bongkah. Terlebih batu itupun sudah dikembalikan di tempatnya semula. Tapi rupanya, kejadian itu menjadi besar dan merembet ke masalah yang lebih serius.

Selama itu Rohizin mengabaikan dan bersikap acuh tak acuh dengan harapan kejadian tersebut cukup sampai di situ dan tidak diperbesar lagi. Namun sangat disesali, sepulang dari salat Magrib tepatnya di samping masjid Rohizin dicegat oleh penggugat.

Pembicaraan yang awalnya dingin berubah menjadi panas. Suara mulai meninggi dan bantah-membantahpun tak terelakkan lagi. Sejurus, mata Rohizin menangkap sebilah pisau terselip di balik baju si penggugat. Matanya nanar memandangi senjata tajam itu. Ia mulai menyadari, ada niat jahat dari orang yang berdiri di depannya saat ini. Belum lagi tercium aroma arak dari nafasnya.

Keberanian Rohizin terpicu. Sepertinya pertarungan hidup mati ini tak bisa lagi dielakkan. Satu per satu tetangga mulai berdatangan dan berkumpul di sekitar mereka.

Bersambung insya Allah…

Loading

Tinggalkan Balasan