(STIBA.ac.id) Makassar –  Bagian Pemberdayaan Alumni STIBA Makassar baru-baru ini mengadakan Temu Alumni di Masjid DPP Wahdah Islamiyah, Jumat (13/12/2019). Kegiatan ini memanfaatkan momen berkumpulnya sejumlah alumni dari seluruh penjuru tanah air. Para alumni ini sebagian besarnya adalah ketua-ketua DPD dan DPW Wahdah Islamiyah yang hadir untuk mengikuti Mukernas XII Wahdah Islamiyah di Makassar.

“Alumni adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan satu jenjang pendidikan di STIBA Makassar (I’dad Lughawi atau PMH). Ini makna secara formal. Tapi siapa saja yang pernah belajar satu huruf di STIBA maka itu juga kita anggap alumni,” tegas Ketua STIBA Makassar Ustaz Ahmad Hanafi saat memberikan arahan kepada peserta Temu Alumni.

Salah Satu Indikator Keberhasilan Institusi Pendidikan adalah Alumninya

Dalam arahannya, Ustaz Ahmad juga mengatakan bahwa hal yang menjadi penilaian sebuah institusi pendidikan, baik sosial masyarakat maupun lembaga yang memberi akreditasi adalah alumninya. Sejauh mana masyarakat memandang alumni baik maka itu akan mendukung keberadaan institusi di tengah masyarakat.

“Setelah kita berijtihad untuk memilih jalur perjuangan melalui jalur formal, maka kita juga harus siap dengan konsekuensinya. Itu yang harus dipenuhi. Salah satunya pemberdayaan alumni,” ujar Ustaz Ahmad.

Memberdayakan para alumni adalah hal penting bagi sebuah institusi pendidikan. Ustaz Ahmad menggambarkannya seperti khidmah ba’da albai’ (layanan yang diberikan kepada pelanggan setelah membeli produk) dalam ilmu marketing. Jadi produsen yang baik adalah yang menyediakan layanan setelah produknya laku.

“Demikian pula dengan institusi pendidikan. Di antara poin penilaian akreditasi institusi adalah sejauh mana alumni itu berperan dalam bidang keahlian yang dimiliki almamaternya. Antum adalah produk kami yang sudah kami lepas ke pasar. Diserap, dibeli dengan garansi dari STIBA bahwa alumni memiliki kualifikasi seperti ini,” kata Ustaz Ahmad.

Karena itu, Ketua STIBA Makassar ini menganggap bahwa tanggung jawab alumni sangat besar. Ia menyatakan rasa syukurnya karena selama ini peran alumni di tengah masyarakat yang didengar adalah kebaikan. Kendati demikian, tidak sedikit pula yang “mengeluh” dengan keberadaan alumni STIBA.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Ahmad meminta kepada Bagian Pemberdayaan Alumni untuk mendata alumni STIBA Makassar. Dari data, kata Ustaz Ahmad, dapat diketahui sejauh mana potensi yang dimiliki STIBA.

Loading

Tinggalkan Balasan