(STIBA.ac.id) Makassar –  Sebuah institusi pendidikan tinggi  tidak dikatakan sebagai perguruan tinggi ketika tidak menjalankan salah satu atau bahkan seluruh poin yang tertuang dalam “Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Hal ini diungkapkan oleh Ustadz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I. ketika pertemuan PA perdana yang dilaksanakan secara daring dengan mahasiswa program studi Perbandingan Mazhab kelas 1C, Senin (05/10/2020).

Masa pelajar dulu tentu saja berbeda dengan mahasiswa, yang di mana perguruan tinggi atau masa perkuliahan lebih tinggi lagi tantangan dan pendalaman pengetahuannya dibanding saat berstatus siswa. Untuk itu, penting kiranya seorang mahasiswa mengetahui tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi serta menjalankannya selama masa kuliah. Tentu saja, dimaulai sejak berstatus sebagai mahasiswa dan harus terus mehaminya hingga lulus nanti.

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi di Indonesia. Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 3 poin yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Untuk itu, Tri Dharma Perguran Tinggi adalah tanggung jawab semua elemen yang terdapat di Perguruan Tinggi. Bukan hanya mahasiswa, melainkan dosen, dan seluruh civitas akademika turut terlibat.

Ustaz Ahmad selaku Penasihat Akademik kelas tersebut menguraikan poin-poin yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yang pertama adalah pendidikan dan pengajaran.

Menurutnya, sebuah institusi pendidikan tinggi seperti universitas, atau sekolah tinggi tidak dapat disebut sebagai perguruan tinggi ketika pendidikan dan pengajaran di kampus tersebut tidak berjalan dengan baik dan teratur. Dan hasil dari pendidikan dan pengajaran yang teratur tersebut setidaknya dapat membantu mahasiswa untuk mencapai IPK 4.00 yang juga merupakan impian setiap mahasiswa.

Beliau mengimbau kepada mahasiswa PM 1C untuk semangat dalam menuntut ilmu dan rajin muroja’ah agar semunya dapat meraih mumtaz awal dalam artian IPS semua mahasiswa PM 1C adalah 4.00.

Di STIBA Makassar juga menerapkan sistem tarbiah yang diadakan minimal sekali sepekan sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa yang tidak hanya unggul pada bidang akademik akan tetapi unggul juga dari segi adab dan akhlak. Sehingga dengan itu semua, setiap mahasiswa mampu mencerdaskan umat dan bangsa ini.

Yang kedua, kata Ustaz Ahmad, penelitian dan pengembangan.

“Seorang mahasiswa, harus mempunyai sifat yang realistis. Artinya, setiap ilmu yang didapatkan di dalam kelas, bukan hanya menjadi catatan yang digunakan sebagai bahan ujian, tapi hakikatnya, ia seharusnya menjadi bahan penelitian dan pengabdian kepada umat dan bangsa. 

Lebih lanjut, Wakil Ketua IV Bidang Kerja Sama ini menyebutkan poin ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Setelah lulus, setiap Mahasiswa yang telah selesai mengenyam pendidikan di STIBA Makassar akan dikirim ke daerah untuk pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu memberikan perubahan-perubahan yang lebih baik atau inovasi-inovasi terbaru yang bermanfaat bagi masyarakat.

Karena itu, Ustaz Ahmad mengatakan bahwa institusi pendidikan tinggi diharapkan dapat menjalankan poin ketiga ini dengan melatih dan mengarahkan mahasiswanya untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, baik saat KKN, masa wajib pengabdian, dan selesai dari masa wajib pengabdian.

Untuk poin yang ketiga ini STIBA Makassar telah membutikannya. Di samping menerapkan sistem KKN, STIBA Makassar juga mengirimkan para alumninya sebagai dai-dai ke berbagai pelosok NKRI dari Sabang sampai Merauke selama setahun penuh setelah kelulusan (wisuda) sebagai bentuk pengabdian penuh kepada masyarakat.

Dan di akhir penjelasan, Ustaz Ahmad mengarahkan untuk melakukan pemilihan struktur kelas yakni sekretaris dan bendahara. Kemudian beliau menjelaskan tupoksi dari ketua, sekretaris dan bendahara, terlebih lagi amanah yang diemban oleh tiga struktur di atas sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pada semster ini masih dalam kondisi Covid-19.

Dan penutup tausiahnya, Ustaz Ahmad Syaripudin kepada mahasiswa binaannya menyimpulkan, Tri Dharma Perguruan Tinggi sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja para mahasiswa. Oleh karena itu pihak institusi dan para mahasiswa dituntut untuk menjalankan tiga prinsip tersebut dengan baik agar menghasilkan alumni-alumni yang bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.

Laporan: Sukriyanto Adam

Loading

Tinggalkan Balasan