(STIBA.ac.id) Makassar –  Kitabul Jami’ merupakan bagian dari kitab Bulughul Maram min Adillatil Ahkam yang ditulis oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah. Kitab ini berisi hadis-hadis tentang adab dan akhlak yang sangat penting untuk dihafal dan dipelajari oleh seorang muslim.

Demi memfasilitasi mahasiswa menghafal hadis, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Keasramaan STIBA Makassar mengadakan Daurah 7 Hari Menghafal Kitabul Jami’. Daurah ini dilaksanakan secara daring mulai Jumat 31 Januari hingga Sabtu 6 Februari 2020.

Kegiatan yang sebelumnya sudah tiga kali dilaksanakan itu juga dirangkaikan dengan syarah hadis Kitabul Jami’. Disiarkan secara langsung di kanal YouTube STIBA TV setiap sore pukul 16.15 WIB.

Diikuti oleh oleh 59 mahasiswa STIBA dan 12 masyarakat umum, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh ketua STIBA Makassar, Ustaz Dr. H. Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Sabtu (30-1-2021)

“Hadits Kitabul Jami’ merupakan salah satu hal yang sangat penting, kita ta’kid kembali persoalan adab, itulah manhaj salaf yang memadukan antara persoalan adab dan ilmu,” ujarnya.

Mengusung tema ‘Hidupkan Sunnah, Meraih Jannah’, kegiatan tersebut juga menghadirkan ustaz Rahmat Badani, Lc., M.A. sebagai narasumber. Menurutnya makna sunah nabi yang harus kita hidupkan adalah makna yang berasal dari ulama hadis.

“Segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, baik itu perkataan, perbuatan, penetapan, sifat-sifat, baik itu akhlak dan penciptaan beliau, itu semua dikategorikan sebagai sunah Nabi,” ujarnya menjelaskan makna hadis dalam ilmu hadis.

Di akhir penyampainnya, ketua Program Persiapan Bahasa STIBA Makassar itu juga menjelaskan cara-cara menghidupkan sunah Nabi. Yaitu dengan mempelajari, mengamalkan, mendakwahkan dan memberikan khidmah  kepada sunah nabi Muhammad shallallhu ‘alaihi wasallam.

Laporan: Dandi Saputra

Loading

Tinggalkan Balasan