(STIBA.ac.id) Makassar –  Kegiatan pengajian virtual Orang Tua Mahasiswa  STIBA Makassar merupakan program kerja bagian Humas dan Kerja Sama STIBA Makassar yang dilaksanakan pada Sabtu (13 Syakban 1442 H/27 Maret 2021 M). Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan para orang tua atau wali mahasiswa dalam pengajian virtual orang tua.

Kegiatan yang bertemakan “Ramadan, Momentum Membangun Surga Keluarga” ini dibuka oleh Mudir STIBA Ustaz Dr. Ahmad Hanafi. Menurut Ustaz Ahmad, pendidikan di STIBA Makassar tidak hanya dilaksanakan secara resmi dengan melakukan perkuliahan, tetapi juga menjadi institusi pembinaan untuk mewujudkan visi dan misi. Dengan demikian akan melahirkan alumni-alumni yang memiliki kualifikasi 5M yaitu mukmin, muslih, mujahid, muta’awin dan mutqin.

“Di masa pandemi ini, tanggung jawab kita semakin besar karena aktivitas perkuliahan kita secara umum masih dilakukan secara daring. Maka kita butuh dukungan dari para dosen dan pengelola STIBA Makassar yang ada di kampus. Kita juga membutuhkan bantuan para orang tua untuk memperhatikan kegiatan mahasiswa,” kata Ustaz Ahmad Hanafi dalam sambutannya.

“Mudah-mudahan silaturahmi yang baik antara pengelola STIBA dan para orang tua bisa menyukseskan apa-apa yang menjadi cita-cita kita bersama,” tambahnya.

Pengajian virtual yang dikhususkan untuk para orang tua mahasiswa STIBA Makassar ini dibawakan oleh Ustaz Dr. Askar Yaman. Materi yang dibawakan oleh beliau mencakup beberapa poin penting yaitu keutamaan bulan Ramadan; Keutamaan Puasa; Bagaimana seorang Muslim Menyambut Ramadan; Amalan-amalan di bulan Ramadan, serta hal-hal yang melalaikan pada bulan Ramadan.

Setelah penyampaian materi yang menjadi inti dari kegiatan ini, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian beberapa informasi dan pengumuman penting dari pihak STIBA Makassar kepada orang tua mahasiswa.

Ustaz Dr. Kasman Bakry selaku Waka I, dalam penyampaiannya menuturkan kekagumannya dengan program kuliah virtual yang sedang berjalan ini, di samping keutamaan yang besar dari Allah. Tidak dipungkiri bahwa banyak masalah yang terjadi, mulai dari masalah kuota yang membuat pengeluaran membengkak, juga mengenai masalah orang tua yang menyuruh anaknya untuk bekerja di saat sedang kuliah.

“Kepada para orang tua mohon kiranya untuk lebih memberi pengertian agar anak-anak bisa mengikuti proses belajar mengajar dengan baik,” imbau Ustaz Kasman.

Hal lain yang disampaikan Waka I, terkait penarikan mahasiswa ke kampus untuk kuliah offline. Hal ini diprioritaskan untuk mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab semester II dan Program Persiapan Bahasa, tentunya setelah melalui prosedur kesehatan Covid-19.

Ustaz Kasman juga menyoroti persiapan ujian tengah semester agar para orang tua memberikan pendampingan dan kesempatan pada anak-anak agar bisa belajar dan muraja’ah dengan baik agar bisa mendulang hasil yang maksimal.

Sementara Waka III STIBA Makassar, Ustaz Muhammad Taufan Djafry, Lc., M.H.I. memaparkan bahwa  STIBA merupakan institusi pendidikan sekolah tinggi yang mengkaji dan mendalami ilmu-ilmu Islam secara formal. STIBA juga berperan sebagai institusi atau lembaga pembinaan dan pengaderan,  sehingga STIBA memiliki dua sisi yang berjalan berbarengan dalam proses melahirkan sarjana-sarjana berkualitas, mumpuni, mampu menjadi pemimpin di tengah masyarakat.

“Maka kami mengajak kepada  para orang tua mahasiswa  untuk bekerja sama membantu, memotivasi, dan mendukung mereka dalam belajar, termasuk di dalamnya tarbiah, agar mereka bisa menjadi sarjana-sarjana yang berkualitas,” pungkasnya.

Kegiatan ditutup dengan sosialisasi pembangunan gedung asrama putri STIBA Makassar oleh Panitia Pembangunan Ketua Divisi Donasi, Ustadz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I, M.Pd.I.

“Semoga kerja sama ini bisa semakin baik, bukan hanya pada saat ini, tapi juga setelah pandemi. Oleh karena itu, kegiatan pertemuan ini masuk ke program kerja Bagian Humas dan Kerja Sama STIBA Makassar dengan tujuan agar pertemuan para orang tua bisa dirutinkan setiap semester,” ujar Ustaz Ahmad.

Acara ini dihadiri oleh 527 orang dengan rincian ruang Zoom ikhwan 150, ruang Zoom akhwat 135, dan YouTube 242 orang.

Laporan Tim Humas Putri

Loading

Tinggalkan Balasan