(STIBA.ac.id) Maros — Setalah menjalani masa KKN selama dua bulan, mahasiswa KKN VI Kecamatan Moncongloe resmi ditarik, Kamis (30/03/2023). Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kecamatan Moncongloe tersebut dihadiri oleh Waka VI STIBA Makassar, Camat Moncongloe dan jajarannya, Kapolsek Moncongloe, beberapa tokoh masyarakat di Kecamatan Moncongloe dan seluruh mahasiswa KKN VI STIBA Makassar Kecamatan Moncongloe.

“Kami merasakan begitu banyak pengalaman baru, saya selaku Koordinator Kecamatan mewakili seluruh teman-teman KKN mengucapkan banyak terima kasih kepada para aparat pemerintah Moncongloe yang telah memberikan kami kesempatan dan fasilitas. Sekaligus kami meminta maaf jika selama KKN terdapat banyak kekurangan. Semoga KKN ke depannya bisa lebih baik lagi,” ungkap Andi Quarzy Ayatullah dalam sambutannya.

Kegiatan penarikan ini juga dihadiri oleh Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku Waka IV STIBA Makassar. Dalam sambutannya ia meminta maaf jika ada kesalahan yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN selama kurang lebih dua bulan di Moncongloe. Ia juga menjelaskan bahwa ke depannya STIBA siap mengadakan kerja sama dengan pihak Moncongloe dalam hal pembinaan keagamaan.

Dalam kegiatan ini perwakilan Kapolsek Moncongloe menjelaskan bahwa selama dua bulan ber-KKN tak pernah didapati laporan dan keluhan dari masyarakat sehingga pihak Kapolsek Moncongloe merasa bahwa mahasiswa KKN VI STIBA Makassar Kecamatan Moncongloe aman dan terkendali. Ia juga mengapresiasi program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa, terkhusus pada program kerja Polisi Belajar yang diadakan oleh Tim KKN Desa Moncongloe beberapa waktu yang lalu.

“Semua kegiatan yang dilakukan mahasiswa  KKN selama ini sangat positif dan begitu tampak hasilnya. Hal itu bisa dilihat dari penampilan juara lomba saat Festival Anak Saleh hasil dari didikan mahasiswa KKN. Maka dari itu saya selaku pemerintah Kecamatan Moncongloe mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar yang telah melaksanakan program-program yang sangat bermanfaat. Kami juga sangat mengapresiasi para mahasiswa karena setiap mengadakan program selalu berkoordinasi dengan baik kepada pemerintah setempat. Semoga ke depannya kita bisa bekerja sama dengan baik lagi. Terakhir kami meminta maaf mewakili aparat pemerintah Kecamatan Moncongloe jika ada salah kata maupun perbuatan,” ungkap Bapak Herwan, S.Sos., M.Si. selaku Camat Moncongloe.

Penarikan mahasiswa KKN VI STIBA Makassar juga dirangkaikan dengan penyerahan cendera mata kepada seluruh perwakilan desa yang ada di Kecamatan Moncongloe. Suasana menjadi haru saat perwakilan masyarakat setempat memberikan kesan dan pesan selama keberadaan mahasiswa KKN di Moncongloe.

“Kami selaku masyarakat Moncongloe sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN STIBA atas pembinaannya, sangat banyak manfaat dan perubahan yang kami rasakan khususnya dari pembinaan tahsin Al-Quran yang awalnya masyarakat buta akan huruf hijaiyah, dan alhamdulillah setelah kehadiran mahasiswa ada perubahan sedikit demi sedikit, yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Kami berharap program yang selama ini dilaksanakan di tengah masyarakat ada tindak lanjutnya karena sebenarnya kami masyarakat Moncongloe masih sangat membutuhkan kehadiran mahasiswa KKN dalam mengajari kami ilmu agama,” jelas salah satu tokoh masyarakat dalam penyampaian kesan dan pesan.

Suasana ruangan semakin haru saat salah satu mahasiswa KKN juga memberikan kesan dan pesan mewakili seluruh mahasiswa. Ia mengungkapkan bahwa masyarakat Moncongloe menyambut para mahasiswa dengan sangat baik, menganggap mereka sudah seperti keluarga. Ada banyak pengalaman yang didapatkan termasuk bagaimana bisa belajar berkorban dalam berdakwah. Ia melanjutkan bahwa perpisahan memang tak memberi senyuman, namun ini bukan akhir dari sebuah harapan untuk bertamu dan bertemu.

“Doakan kami yang telah berada di pengujung akhir cerita kampus kami, agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan studi kami, dan kembali mengabdi untuk umat tanpa henti dan tanpa cuti,” ujarnya.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan foto bersama.

Loading