(STIBA.ac.id) Makassar –  Kesyukuran yang sangat mendalam yang murni tumbuh dari hati-hati kami semua, dengannya kami berharap akan tumbuh tangkai-tangkai nikmat dari arah yang tidak kami sangka, sebagai bentuk busyro ‘ajil (kabar baik yang disegerakan di dunia) oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

لئن شكرتم لازيدنكم

 “Jika kalian bersyukur, niscaya Aku tambahkan nikmat kepada kalian.” (QS. Ibrahim: 7).

 Kesyukuran kami semakin tumbuh dan subur dengan selesainya amanah yang mulia, amanah perbaikan umat, amanah pemberat timbangan amal kebaikan, amanah yang merupakan wasiat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang harus dipenuhi oleh hamba-hamba-Nya yang terpilih,

 إن الله يأمركم أن تؤدوا الأمانات إلى أهلها

 “Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk menunaikan amanah kepada yang berhak menerimanya.” (An-Nisa: 58).

 Amanah KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang atas taufik (kemudahan) yang diberikan oleh Allah Azza wajalla selama delapan pekan lamanya dapat diselesaikan dengan baik, tentunya dengan penuh perjuangan berbalut pengorbanan.

 Dengan bekal syukur yang ada pada hati-hati kami dan dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala maka tumbuhlah tangkai-tangkai kebaikan (amal saleh) yang baru yang memperkokoh serta menguatkan perjuangan kami untuk menjadikannya sebagai sebuah pohon perjuangan dakwah yang akarnya menghunjam ke bumi dan dahannya menjulang ke langit.

 Maka tanpa sikap riya dan menginginkan ketenaran, izinkan kami menyebutkan tangkai-tangkai kebaikan dari bakal pohon perjuangan yang selama dua bulan ini kami tanam dengan sepenuh hati. Inilah tangkai-tangkai kebaikan itu:

1. Pembelajaran Dirosa (Pendidikan Al-Qur’an Orang Dewasa) yang selama dua bulan ini kami bersabar di atasnya. Pada tanggal 19 Maret 2023 kami mencatatkan sejarah kebaikan yang insyaallah akan membuat wajah kami tersenyum pada hari kiamat, wisuda Dirosa angkatan pertama se-Kecamatan Tombolo Pao yang menamatkan sebanyak 165 wisudawan. Sebuah hasil yang cukup menggembirakan, sebagai wujud bakti kami (mahasiswa) kepada orang tua kedua kami di desa tercinta ini, semoga kelak kami menjadi hamba-hamba Ar-Rahman yang disebutkan dalam hadis sebagai manusia terbaik,

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan Mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

2. Tablig Akbar (Penataran Seputar Ramadan) yang menjadi tangkai puncak dari pohon perjuangan yang sementara ini kami tanam. Suasana meriahnya TA masih terngiang dalam hati, berkumpul bersama keluarga seiman untuk duduk dan mengambil ilmu, semoga Ramadan ini menjadi Ramadan terbaik kami. Sebanyak 304 orang terdaftar menghadiri dan memeriahkan acara, sebuah rekor Tablig Akbar dengan jumlah peserta terbanyak dalam sejarah KKN STIBA.

3. Festival Anak Saleh. Acara yang dinanti-nanti, yang ditutup dengan tangisan haru para santri, setelah perlombaan cerdas cermat islami, semoga mereka adik-adik yang kami sayangi, semuanya kelak menjadi generasi pelanjut agama yang siap mengobarkan panji-panji ilahi.

4. Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah yang kami laksanakan 11 Maret 2023 se-Kecamatan Tombolo Pao, yang diikuti oleh setiap dusun dari delapan desa dan satu kelurahan.

5. Pelatihan Imam dan Khatib yang sukses terlaksana di beberapa desa serta kelurahan di Tombolo Pao.

6. Tebar Khotib Jumat Mahasiswa KKN STIBA Makassar, selama KKN berlangsung kami diberikan amanah dan kepercayaan untuk menyampaikan khotbah di masjid-masjid masyarakat.

7. Kultum setelah salat fardu (Subuh, Magrib atau yang lainnya) sebagai bentuk aplikasi dari perintah Allah untuk saling bernasihat dalam kebaikan dan kesabaran.

8. Mengajar di berbagai jenjang pendidikan SD atau MI, MTS atau SMP, SMA atau MA di semua desa se-Kecamatan Tombolo Pao.

9. Pengajaran TPA di seluruh desa dan kelurahan. Semoga hati para santri sedikit berwarna dengan kehadiran kami.

10. Tahsinul Qira’ah (perbaikan bacaan Al-Qur’an), semoga setiap huruf yang dipelajari dan dibaca menjadi syafaat di hari kiamat nanti.

11. Bakti sosial kemasyarakatan. Selain pembinaan keagamaan, kami juga turun ke jalan-jalan, meskipun tidak seberapa. Maafkan kami belum sempat atau berpikir untuk mewarnai papan-papan selamat datang di perbatasan-perbatasan desa atau dusun dan menuliskan kata STIBA sebagai bukti kenang-kenangan kepada masyarakat, akan tetapi kami sangat paham bahwa mewarnai hati dan hari-hari masyarakat dengan pembinaan keagamaan menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Tangkai demi tangkai terus bertumbuh seiring dengan berbuncahnya rasa syukur. Puncaknya pada bulan suci Ramadan ini, tangkai kebaikan itu sangatlah subur. Berbagai kegiatan amaliah Ramadan kami laksanakan, semoga menjadi sebab tumbuhnya tangkai-tangkai kebaikan lainnya.

Tangkai tanpa daun bagaikan ilmu tanpa amal. Tangkai kebaikan tadi ternyata menumbuhkan daun-daun yang sangat lebat dan berimbun, daunnya yang rindang serta menyejukkan bagi orang-orang yang berteduh di bawahnya. Daun pesan dan kesan yang menggambarkan perjalanan semasa kuliah kerja nyata.

Tombolo Pao, salah satu tempat terindah dan paling berkesan dalam perjalanan hidup kami, berkuliah kerja nyata yang memberikan pengalaman hidup yang sangat berharga. Suasananya begitu dingin nan sejuk, sesejuk akhlak yang mulia dan budi pekerti yang luhur yang masyarakat perhadapkan kepada kami para mahasiswa sebagai seorang asing yang sedang bertamu. Senyuman masyarakat yang menyejukkan hati bercampur dengan tutur kata lembut, seolah sebagai keluarga dekat yang senantiasa menyayangi sehingga membuat kami merasa seperti berada di rumah sendiri. Karena seseorang pernah berkata bahwa di manapun kami berada selagi masih bersama keluarga, maka kami akan merasa seperti berada di rumah.

Kepada bapak camat dan seluruh kepala kelurahan dan kepala desa beserta jajarannya, para tuan rumah posko, kami memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya yang telah menjadi wasilah buat kami untuk menanamkan pohon kebaikan ini. Semoga Allah menjadikan bapak sekalian sebagai pemimpin yang adil dan amanah terhadap kepentingan rakyatnya, dan menaungi pada hari kiamat bagi pemimpin yang adil, hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Para asatizah STIBA yang senantiasa membimbing kami semua, semoga senantiasa dikuatkan langkahnya, senantiasa dimudahkan urusannya dan dilipatgandakan pahalanya.

Korcam Tombolo Pao (kanan) bersama Ketua DPC Wahdah Islamiyah Tombolo Pao Ustaz Mustafa Haruna H. Lau (tengah)

Tak lupa kepada Ketua DPC Wahdah Islamiyah Tombolo Pao yang sangat berjasa dalam suksesnya KKN tahun ini. Secara khusus kepada ayahanda kami, Ustaz Mustafa Haruna H. Lau beserta keluarganya, orang tua yang kami sangat sayangi. Hidangan coto yang begitu hangat disuguhkan khusus untuk kami di desa yang sangat dingin, Kanreapia, yang beliau bumbui dengan motivasi dan penguatan pada setiap suapannya. Semoga kelak nanti kami para anak-anakmu, akan menyuguhkanmu satu persatu semangkuk coto, bukan dari daging sapi tapi dari daging burung-burung pilihan yang diinginkan oleh penghuni syurga, tempat tinggal abadi.

وفاقهة مما يتخيرون ولحم طير مما يشتهون

 “Dan dari buah-buahan apa saja yang mereka pilih, serta daging burung apa saja yang mereka inginkan.” (QS. Al-Waqiah: 20-21).

Daun-daun berupa memori indah yang sangat lebat yang begitu berkesan dalam hati sanubari kami, daun yang menghiasi tangkai-tangkai kebaikan yang terus bertumbuh. Kami sangat berharap, semoga pohon perjuangan ini yang telah kami tanam dengan rasa syukur dan keiklasan, akan berbuah surga di akhir episode kehidupan kami.

جنت عدن تجري من تحتها الأنهار خالدين فيها

 “Surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya.” (Taha: 76)

Semoga kelak kami dikumpulkan dalam rindangnya surga, tempat kami berkumpul menceritakan kebaikan-kebaikan yang telah kami tanam, tempat tinggal abadi selama-lamanya.

Hingga pada akhirnya, kokohlah pohon perjuangan ini yang akarnya menghunjam ke bumi dan dahannya (tangkai, ranting, dan daun) menjulang ke langit.

Meskipun demikian para Pembaca budiman, sebagai sunnatullah yang tidak bisa dilepaskan, perjuangan harus terwarnai dengan rintangan dan badai-badai besar. Pohon yang kuat tadi terkadang ditimpa oleh angin kencang dan badai, yang menunjukan kekurangan dan kesalahan kami selama KKN.

1. Angin kencang dan badai yang datang dari arah utara menunjukkan kesalahan kami yang belum mampu memberikan hasil yang begitu maksimal kepada masyarakat.

2. Angin kencang yang datang dari arah selatan menunjukkan kelemahan kami yang belum mampu memenuhi setiap kebutuhan dan hak masyarakat di setiap desa karena jumlah kami yang sangat sedikit.

3. Angin kencang dan badai yang datang dari arah timur menunjukkan kekurangan kami yang belum mampu melakukan perubahan yang begitu berarti karena waktu yang terbatas dan kemampuan yang belum mumpuni.

4. Angin kencang dan badai yang datang dari arah barat menunjukkan kesalahan kami yang hanya menampung tapi belum mampu merealisasikan masukan, aspirasi, dan saran dari masyarakat.

Mohon maaf sedalam-dalamnya atas segala kesalahan. Mohon maaf yang tak berujung atas segala kekurangan. Semoga pohon perjuangan yang kami tanam senantiasa dijaga oleh masyarakat, walaupun langkah kami telah berhenti di sini. Meskipun suara lantang kami telah menghilang di desa ini, ataupun nama-nama kami telah dilupakan dan tercoret dari daftar isi. Semoga pohon tersebut berbuah surga yang kami akan panen bersama-sama pada hari berbangkit kelak nanti.

KKN STIBA Makassar Kecamatan Tombolo Pao

Beriman Warganya, Sejahtera Desanya.

Semoga diridai oleh Zat yang Maha Pengampun dan menjadi negeri yang makmur

بلدة طيبة ورب غفور

Negeri yang damai dan Tuhan yang Maha Pengampun.” (QS. Saba: 15)

Mewakili mahasiswa KKN VI STIBA Makasar 2023,

Pikhy Ardiansyah (Fiqh Mushab)

Koordinator Kecamatan Tombolo Pao.

Loading